Plt Kepala BPKS, Marthunis hadiri rapat pembahasan pengelolaan Kawasan Kilometer Nol Indonesia

Plt Kepala BPKS, Marthunis yang turut didampingi oleh Eselon 2 BPKS hadiri rapat pembahasan rencana kegiatan usaha pengelolaan Kawasan Kilometer Nol Indonesia yang dipimpin oleh Drs. Reza Fahlevi, M.Si selaku Pj Walikota Sabang di Lantai 3, Ruang Rapat Walikota Sabang (19/01/24).

Rapat pembahasan tersebut turut dihadiri oleh Gunawan Alza selaku Kepala BKSDA Aceh, Stakeholder Pariwisata dan Jajaran OPD terkait rencana kegiatan usaha pengelolaan Kawasan Kilometer Nol Indonesia.

BPKS beserta Pemerintah Kota Sabang terus berupaya meningkatkan Daya Tarik Wisata (DTW) di Kawasan Sabang terkhusus Pulau Weh sebagai lokasi dengan jumlah penduduk terpadat di Kawasan Sabang.

Kilometer Nol Indonesia yang berada di Gampong Iboih terletak di ujung barat Pulau Weh merupakan salah satu wisata unggulan di Kota Sabang selain Pulau Rubiab, Pantai Iboih, Pantai Gapang serta Goa Sarang yang terletak tidak jauh dari Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Ada beberapa hal yang diangkat pada rapat rencana pembahasan adalah terkait pemeliharaan Kawasan Aset Tugu Kilometer Nol Indonesia seperti menentukan kembali zona track untuk lalu lintas berkendara (Roda Dua/Tiga/Empat) atau lebih bagi para pengunjung/wisatawan di area tersebut serta meningkatkan fungsi kawasan Kilometer Nol Indonesia dalam membangun Taman Wisata Alam lebih teratur dan sesuai ketentuan yang berlaku pada aturan dari BKSDA.

Dan selanjutnya menyusun perencanaan sistem E-ticket pada pengelolaan retribusi pas masuk serta melakukan penertiban pada bangunan liar seputaran Kawasan Tugu Kilometer Nol Indonesia.