BPKS Sewlesaikan Renovasi Eko Trek di KM Nol Indonesia

Wilayah Sabang masuk dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010- 2025. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Aceh terus berupaya meningkatkan kemantapan ruas jalan nasional di wilayah tersebut untuk mempermudah akses bagi wisatawan.

Tugu Kilometer Nol Indonesia sering disebut penanda geografis ujung terjauh Barat Indonesia. Lokasinya ada di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Terdapat tugu titik nol yang berdiri di atas tebing dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Tugu Kilometer Nol Indonesia masuk dalam nominasi Destinasi Unik dan Terpopuler di API Award 2019.

Mengunjungi Titik Nol Sabang kurang lengkap tanpa menyelami keindahan bawah laut di Sabang. Terumbu karang yang sangat cantik bisa kita lihat langsung di beberapa spot selam di Sabang. Ada sekitar 20 titik selam di Sabang, antara lain West Seulako, Arus Balee, Rubiah Jetty, hingga Sophie RIckmers.

Cara menempuh, kondisi infrastruktur jalan Nasional, melewati Hutan Lindung Taman Wisata Alam.

Pelabuhan Penyeberangan Nasional Balohan – Kota Sabang – Tugu Kilometer Nol Indonesia.
Sebelum mencapai Tugu Kilometer Nol Indonesia, para wisatawan bisa menempuh perjalanan dari Danau Aneuk Laot, Waduk Paya Sinara dikenal sebagai sumber air baku di Kota Sabang, Air Terjun Pria Laot, Hydrothermal, Taman Wisata Alam.

Tingginya tingkat jumlah kunjungan wisata baik wisatawan domestik dan mancanegara ke Kilometer Nol Indonesia memberi semangat bagi BPKS untuk terus menjaga, merawat dan melakukan pemeliharaan serta rencana pengembangan Kawasan.

Fasilitas Kawasan Kilometer Nol Indonesia meliputi:
• Tugu Kilometer Nol sebagai penanda titik Indonesia bagian Barat.
• Waterfront, menikmati view sunset dan jalur logistic internasional.
• UMKM Lokal
• Eco Track Tourism, akses yang digunakan untuk mengeksplore Taman Wisata Alam
• Mushalla
• Sertifikat Tugu Kilometer Nol Indonesia