Kapal Pesiar Azamara Singgahi Sabang 2 Desember 2023, Ratusan Turis Banjiri UMKM

Ratusan wisatawan Kapal Pesiar kembali singgahi Kawasan Sabang. Kapal yang bernama Azamara Journey ini memiliki panjang 181 Meter dengan total penumpang 582 yang berdominasi kewarganegaraan Eropa dan 393 crew dimana sebagian crew berwarganegaraan Asia tersebut singgah di Dermaga CT-3 BPKS. Azamara Journey yang dinahkodai oleh Filippos Adelfoulakos bersandar pada pukul 07.00 WIB, Sabtu 2 Desember 2023. Penyambutan ini dihadiri oleh Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi, Wakil Kepala BPKS T. Zanuarsyah, CIQP, tamu undangan serta Pegawai BPKS yang bertugas dalam penyamputan kapal pesiar.

Kunjungan Azamara Journey di Desember 2023 adalah kedatangan Kapal Pesiar keenam di 2023, BPKS telah meningkatkan untuk kunjungan Kapal Pesiar berikutnya ke Kota Sabang. Dengan kedatangan Kapal Pesiar di tahun 2023, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kota Sabang melalui Sektor Pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Setidaknya melibatkan 20 UMKM dibawah binaan Disperindagkop Kota Sabang. Beberapa atraksi wisata juga turut dimeriahkan dibeberapa objek wisata, ada Festival U di Gampong Cot Bau, Weh Ocean Festival di Gampong Iboih serta Atraksi Drumband Gita Bahana SDN 1 yang disambut dengan tarian Ranup Lampuan.

Masih ada 2 Kunjungan Kapal Pesiar jelang akhir Tahun 2023. Diharapkan untuk Tahun mendatang semakin bisa menghasilkan jumlah kunjungan wisatawan di Kawasan Sabang serta pendapatan-pendapatan lainnya melalui BPKS dan CIQP seperti Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diperoleh melalui biaya labuh tambat oleh BPKS, biaya rambu alur KSOP, biaya Visa On Arrival oleh Imigrasi Sabang dan pembuatan Sertifikat kesehatan yang diberlakukan oleh Karantina Kesehatan Pelabuhan yang semuanya secara resmi tercatat sebagai Pendapatan Negara.