Pemerintah Aceh akan bangun pabrik pengolahan tepung di Sabang

Plt Kepala BPKS Razuardi di Sabang. (ANTARA Aceh /Irman Yusuf)

Banda Aceh (ANTARA) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pangan akan membangun pabrik pengolahan beras ketan menjadi tepung guna untuk memenuhi permintaan pasar di provinsi tersebut.

“Selama ini beras ketan yang diimpor dari Thailand belum dikelola dengan baik dan Pemerintah ingin memanfaatkan peluang tersebut dengan mengolah bahan baku menjadi tepung,” kata Kepada Dinas Pangan Provinsi Aceh, Ilyas di Banda Aceh, Sabtu.

Kadis Pangan Provinsi Aceh menyatakan, para pihak di provinsi tersebut diharapkan menatap rencana pembangunan pabrik pengolahan tepung tersebut sebagai peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia secara umum.

“Kita butuh dukungan semua pihak agar rencana ini bisa segera terealisasi dan mendorong pertumbuhan UMKM di Aceh,” ucap Kadis Pangan Provinsi Aceh.

Plt Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Razuardi Essex menyambut baik rencana Dinas Pangan yang ingin membangun pabrik dan kemudian mengolah beras ketan menjadi tepung di Sabang.

Selama ini, lanjutnya, bahan baku yang diimpor dari Thailand belum dikelola dengan baik dan rencana Dinas Pangan tersebut sangat positif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat kawasan.

“Ini menjadi peluang baru bagi ekonomi kawasan dan nantinya akan menyerap tenaga kerja lokal dan menekan angka pengangguran,” demikian ucapkan Plt Kepala BPKS.

Lebih lanjut ia menyatakan, untuk mempercepat terwujudnya rencana pembangunan pabrik pengolahan tepung di wilayah kawasan pihaknya berharap dukungan dari stakeholder dan masyarakat setempat.

Berita ini dikutip disini