Profil pahlawan nasional Perancis akan dipajang di museum Sabang

Plt Wakil Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Islamuddin (Istimewa)

Sabang (Antaranews Aceh) – Duta Besar Perancis untuk Indonesia berjanji akan memajangkan profil Pahlawan Nasional Negara itu di Museum Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) untuk mendorong kunjungan wisatawan ke daerah itu.

“Ketika Dubes Perancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet?berkunjung ke Sabang, ia berjanji akan memajangkan dokumen atau profil Pahlawan Nasional Perancis Jacques Carrisan di Museum BPKS,” kata Plt Wakil Kepala BPKS, Islamuddin di Sabang, Rabu.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet bersama rombongan pada Sabtu (26/1) menziarahi makam “indatu”-nya atau Pahlawan Nasional negara itu, Jacques Carrisan yang dimakamkan di pemakaman umum atau Kerkoff di Gampong (desa) Kuta Ateueh, Sabang, Provinsi Aceh.

“Makam Pahlawan Nasional Perancis itu jika kita kelola dengan baik akan menjadi nilai jual lebih di industri pariwisata Sabang,” kata mantan Wakil Wali Kota Sabang periode 2007-2012.

Selain itu, kata Islamuddin, Dubes Perancis untuk Indonesia juga berjanji akan melengkapi foto-foto serta dokumen perjalanan Jacques Carrisan ketika mengarungi Selat Malaka dan memajangkannya di Museum BPKS.

“Kita berharap dukungan para pihak terutama dari sejarawan agar hal itu cepat terealisasi demi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Sabang,” harap dia.

Pahlawan Nasional Perancis Jacques Carrisan ketika perang dunia pertama mengarungi Samudera Hindia dan Selat Malaka dan jasadnya dimakamkan di pemakaman umum bersama ratusan serdadu Portugis, Belanda dan Jepang di Kuta Ateuh, Sabang.

Kasi Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Rajuddin menyampaikan, Pemerintah Prancis mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Sabang yang telah merawat kuburan tersebut.

“Di lokasi makam Pahlawan Nasional Prancis, Jacques Carrisan juga ada ratusan makam lainnya, yaitu tentara Portugis, Belanda dan Jepang,” kata Rajuddin.

Wisata domestik maupun mancanegara saat berlibur ke Sabang juga kerap mengunjungi destinasi wisata heritagge seperti Bungker dan Benteng Belanda di pulau terluar paling barat Indonesia.

Kemudian, objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan asing dan lokal ketika berlibur ke Sabang, meliputi hamparan pantai pasir putih “Iboih dan Sumur Tiga” yang menghadap ke Samudera Hindia dan Selat Malaka serta selam di atas permukaan laut (snorkling), menyelam (diving) dari kedalaman 10 hingga 40 meter ke dasar laut.

Beritaa ini dikutip disini