Wisatawan Asing ke Sabang Naik 97%, Sebagian Pakai Kapal Pesiar

Sumber : Antara Foto / Didik Suhartono
Warga berfoto dengan latar belakang kapal pesiar MS Artania yang sandar di dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (1/4). Kapal pesiar tersebut mengangkut sekitar 1.260 wisatawan asing yang akan berkunjung ke sejumlah tempat wisata di kota Surabaya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang Anton Helistiawan menyatakan, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sabang di Provinsi Aceh sepanjang tahun lalu meningkat pesat menjadi 6.691 dari 3.387 orang pada 2017.

Wisman yang berkunjung tak hanya berasal dari Asia tetapi juga Eropa dan Afrika. Mereka berwisata ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) menggunakan kapal pesiar, kapal layar, bahkan pesawat pribadi.

“Jadi pada 2018, kunjungan wisata asing ke pelabuhan laut Sabang 6.691 orang itu. Ini (belum) ditambah pesawat pribadi dari Kuala Lumpur yang langsung mendarat di Bandara Maimun Saleh Salang sebanyak 21 orang,” kata Anton, di Sabang, Rabu (16/1).

Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) mencatat jumlah kunjungan kapal pesiar mancanegara ke Sabang naik 50 persen sepanjang tahun lalu dibandingkan dengan 2017. “Pada 2018, keseluruhan enam kapal pesiar sandar di Sabang,” kata Kepala Unit Kepelabuhanan BPKS Zulkarnaini Abdullah.

Enam kapal pesiar yang singgah ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional tersebut meliputi MS. Seabourn Encore, MS. Silver Discovery, kapal islamic cruise MV. Costa Victoria, MS. Marella Discovery, dan MS. Seabourn Ovation.

Kapal pesiar MS. Seabourn Encore melakukan perjalanan wisata dari Phuket di Thailand menuju Pulau Weh di Sabang. Kapal ini dua kali sandar di Sabang pada 27 Maret dan 22 November 2018 selama 12 jam lalu melanjutkan perjalanan menuju Colombo di Sri Lanka.

Panjang kapal berbendera Bahamas itu 177,76 meter dan lebar 27,9 meter, bobotnya 41.865 gross tonnage (GT). Saat sandar pertama mengangkut 552 wisatawan asing plus 423 anak buah kapal (ABK), sedangkan yang kedua membawa 589 pelancong dan 415 ABK.

Pada 18 Desember 2018, secara bersamaan ada dua kapal pesiar bersandar, MV. Seabourn Ovation dan MS. Marella Discovery. Seabourn Ovation (Bahamas) bertolak dari Chochin di India, sandar di Pelabuhan BPKS Sabang lalu melanjutkan rute ke Phuket di Thailand.

Sementara itu, kapal Marella Discovery berbendera Malta dari Colombo usai bersandar di Pelabuhan BPKS Sabang juga melanjutkan perjalanan ke destinasi sama, yakni Phuket. Kapal Seabourn Ovation berpenumpang 569 orang ditambah 419 ABK sedangkan Marella Discovery mengangkut 1.752 orang plus 575 ABK.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Wisatawan Asing ke Sabang Naik 97%, Sebagian Pakai Kapal Pesiar” , https://katadata.co.id/berita/2019/01/17/wisatawan-asing-ke-sabang-naik-97-sebagian-pakai-kapal-pesiar
Penulis: Dini Hariyanti 
Editor: Dini Hariyanti