2.321 Wisman Kunjungi Sabang dengan 2 Kapal Pesiar

Sabang – Sebanyak 2.000-an wisman liburan ke Sabang naik 2 kapal pesiar. Mereka mengeksplorasi beberapa destinasi, dari Pantai Iboih sampai Tugu 0 Kilometer. 

Objek wisata Kota Sabang, Aceh, semakin dilirik turis mancanegara. Hari ini, 2.321 turis berkunjung ke titik nol kilometer Indonesia dengan menggunakan dua kapal pesiar. 

Para turis itu tiba Pelabuhan CT 3 BPKS, Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh dalam dua rombongan. Pertama Kapal Seabourn Ovations, Nassau, berbendera Bahamas bersandar pukul 06.20 WIB. Kapal tersebut direncakana akan meninggalkan Kota Sabang pukul 15.20 WIB untuk menuju ke Phuket Thailand. 

Kapal pertama ini mengangkut 569 turis. Mereka tiba sejam lebih dulu dibanding kapal kedua yaitu Tui Discovery berbendera Kolombia yang bersandar pukul 07.05 WIB. Kapal yang membawa 1.752 turis ini direncanakan akan meninggalkan kota Sabang 18.00 WIB menuju Phuket Thailand.

MS. Seabourn Ovation

Kedatangan turis mancanegara ini disambut dengan tarian Ranup Lampuan. Setelah penyambutan, para turis tersebut mengunjungi sejumlah objek wisata dengan menggunakan angkutan seperti becak motor serta angkutan umum lainnya.

Mereka selanjutnya mengeksplore sejumlah objek wisata di Kota Sabang seperti Pantai Iboih, Kilometer Nol, Gapang, serta berkeliling kota paling barat Indonesia. Di sana, para turis dari berbagai negara ini juga membelanjakan suvenir dan berbagai oleh-oleh khas Sabang lainnya. 

“Momen penting ini menambah suasana Kota Sabang sebagai salah satu destinasi wisata kapal pesiar lebih menggeliat. Para turis terlihat di seputaran lokasi pembelanjaan kota mengeluarkan uangnya. Mereka berbelanja barang dan suvenir. Pedagangpun meraup banyak dolar dari para turis ini,” kata Kepala Pelabuhan BPKS Sabang Zulkarnaini Abdullah, dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (18/12/2018).

MS. Marella Discovery

Menurutnya, sepanjang tahun 2018 sudah enam kapal pesiar singgah di Kota Sabang. Hal ini juga berdampak pedagang, tukang becak, serta pengusawa sektor pariwisata. BPKS Sabang sendiri saat ini terus mempromosikan Kota Sabang untuk menarik minat wisatawa kapal pesiar dan kapal layar (yacht). 

“Untuk tahun depan sudah ada 10 kapal pesiar yang sudah dijadwalkan masuk ke Sabang,” jelas Zulkarnaini. (wsw/wsw)

Artikel ini dikutip dari detik.com