BADAN PENGUSAHAAN KAWASAN
PERDAGANGAN BEBAS & PELABUHAN BEBAS SABANG

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) adalah lembaga yang dibentuk untuk meningkatkan peran pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan serta memberikan dukungan sarana dan prasarana untuk memajukan Kawasan Sabang. BPKS juga berfungsi sebagai lembaga yang berwenang dalam mengelo- la Kawasan Sabang.

Atas dasar itu, BPKS berusaha memberikan pe- layanan yang optimal kepada pelaku usaha/investor dalam bentuk mempermudah birokrasi perizinan dan legalitas usaha, memberikan fasilitas perencanaan, informasi dan stimulasi lainnya agar potensi sumber daya Kawasan Sabang dapat memberikan manfaat bagi kemakmuran dan kejahteraan masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya.

Keberadaan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang telah memberikan dampak langsung maupun tidak langsung khususnya pada masyarakat Sabang dan Indonesia umumnya.

BPKS sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi berupaya mengejar pembangunan dan pengembangan Provinsi Aceh sehingga mampu menjadi pendorong dan model bagi pembangunan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya kegiatan ekspor dan impor di Pelabuhan Bebas Sabang dan tumbuhnya usaha-usaha kecil menengah di Kawasan Sabang

Tugas pokok BPKS melaksanakan pengelolaan, pengembangan dan pembangunan Kawasan Sabang sesuai dengan fungsi-fungsinya pada Pasal 6 ayat 2 UU N0. 37 Tahun 2000. Adapun sektor-sek- tor prioritas dan andalan BPKS dalam mengelola dan mengembangkan Kawasan Free Trade Zone (FTZ) yaitu sektor kepelabuhanan, industri-perdagangan, pariwisata dan perikanan. Sedangkan kelembagaan dan infrastruktur menjadi sektor andalannya.

Kami menyadari sangat banyak harapan dan keinginan masyarakat Sabang dan Aceh agar keberadaan BPKS sebagai badan pengelola dan pengembangan Kawasan FTZ benar-benar mampu memberi manfaat bagi masyarakat. Manfaat dalam hal ini ditandai dengan adanya peningkatan pendapatan masyarakat, terserapkan tenaga kerja dan mendorong tumbuhnya usaha-usaha pem- berdayaan ekonomi rakyat dan usaha-usaha skala besar, sehingga nantinya Sabang mampu mewujud- kan dirinya sebagai Kawasan Perdagangan Bebas yang setingkat dengan kelas FTZ dunia.

Kami yakin dan percaya BPKS bersama Pemko Sabang, seluruh stakeholder dan masyarakat mampu menjadikan Sabang ke depannya sebagai destinasi wisata domestik dan mancanegara. Pula di Sabang akan tumbuhnya industri-industri manu- facture sebagai stimulate trader export-import untuk mendukung operasionalisasi Hub Internasional Port. Kita bisa bahu-membahu membangun Sabang yang lebih baik pada masa akan datang dengan motto “Hand to Hand We Can”.