PENGEMBANGAN SEKTOR PRIORITAS: JASA PARIWISATA

Gugusan pulau-pulau yang ada di Kawasan Sabang merupakan peluang investasi bagi pengembang bisnis bidang pariwisata. Kawasan Sabang dengan koordinat bumi yang strategis pada zona pariwisata Asia Tenggara yaitu Phuket – Langkawi, menyimpan banyak objek-objek wisata yang perlu dikembangkan sehingga menjadi potensi pariwisata yang baik.

Wisata bahari dengan taman laut yang indah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Daya tarik utama yang ditawarkan wisata Kawasan Sabang adalah pariwisata bahari di samping bidang wisata lainnya. Alam bawah airnya menyimpan keindahan yang luar biasa dan banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai salah satu surga bawah air di Kawasan Khatulistiwa.

Objek-objek wisata yang ada di Kawasan Sabang antara lain: Tugu Kilometer “0” Republik Indonesia, taman laut/biota laut P. Rubiah, hutan tropis, pantai Iboih dan Gapang, Resort, cottage, peninggalan sejarah Kota Lama Sabang, cagar alam, pulau-pulau kecil, diving dan snorkling, hiking (wisata gunung), panorama alam yang indah dari pantai-pantai di Kec. Pulo Aceh (pantai Nipah, pantai Pasir Raya, Mata Ie, Lamtadok, Demiet, Nipah, Lho’ Reudeup, Lambaro, Keureuseuk, Chiep Nga dan Meulingge dan lain-lain).

Semua lokasi obyek Wisata yang ada di atas masih perlu disusun detail rencana obyek, wahana pembangunan fasilitas agar estetika keindahan tetap dipertahankan alami sesuai tata ruang dan kawasan yang direncanakan.
Kondisi yang diharapkan pada sektor prioritas jasa pariwisata dalam jangka menengah.

  1. Kawasan Sabang sebagai Daerah Tujuan Wisata terwujud (seperti Bali);
  2. Pelayanan dan kemudahan dalam hal transportasi dari dan ke DTW Sabang meningkat;
  3. Sarana penginapan/cottage di Daerah Tujuan Wisata (DTW) tersedia berbagai macam pilihan;
  4. Kegiatan wisata bahari di sepanjang Pantai Iboih dan Gapang meningkat;
  5. Kegiatan wisata di Kawasan II mulai beroperasi sesuai target;
  6. Pengembangan kawasan Resort internasional mulai dibangun;
  7. Kegiatan revitalisasi Kawasan Kota Lama Sabang dan wahana keluarga Marina terlaksana agar Kawasan I menambah jenis wisata alternatif;
  8. Terbangunnya semua Kawasan Wisata akan menambah lama wisatawan berada di Pulau Weh dan Pulo Aceh;
  9. Investor bidang Pariwisata akan tergerak untuk investasi di Kawasan Sabang;
  10. Penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat di bidang jasa kepariwisataan meningkat.