Sabang Jadi Incaran Kapal Pesiar Dunia

Sabang Jadi Incaran Kapal Pesiar Dunia

Kapal pesiar di Sabang | Photo : VIVA/Dani Randi

VIVA – Kota Sabang masih tetap menjadi pilihan destinasi kapal pesiar (cruise) atau perahu layar (yacht) sejak beberapa tahun terakhir ini. Hal ini terbukti semakin sering dan meningkatnya angka kunjungan cruise dan yacht ke Pulau Weh ini.

Dijadikan destinasi bagi kapal wisata, Sabang menjadi incaran kapal pesiar dari seluruh dunia. Dalam kurun waktu tiga bulan, lima kapal pesiar yang mengangkut ribuan turis asing sudah bersandar di Sabang.

Lima kapal pesiar itu, yakni MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner, MS Silver Discoverer, MS Albatros dan MS Europa. Kedatangan lima kapal selama tiga bulan telah mengangkut 4.411 wisatawan asing ke Sabang. Yang terakhir ialah MS Europa, yang baru tiba di Sabang pada Minggu, 14 April 2019.

Objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan asing dan lokal ketika berlibur ke Sabang, meliputi hamparan pantai pasir putih di Iboih dan Sumur Tiga. Lokasi ini menghadap ke Samudera Hindia dan Selat Malaka. Selain itu, destinasi wisata heritage, seperti Benteng Jepang.

Dengan semakin meningkatnya kunjungan cruise dan yacht ke Kota Sabang diyakini akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

“Kita akan berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan dan kita akan mengusahakan bagaimana kunjungan-kunjungan kapal dapat terus meningkat,” kata Plt Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Razuardi Ibrahim usai menyambut wisatawan kapal pesiar MS Europa.

Pihaknya menargetkan, setiap bulan Sabang akan dikunjungi minimal satu kapal. Sedangkan dari sisi fasilitas, BPKS akan terus berbenah, begitu juga dengan pihak terkait seperti Pemerintah Kota Sabang, travel agent, tour guide serta pelaku pariwisata di Kota Sabang.

“Saat ini cukup memadai untuk meng-handle cruise-cruise besar, di mana dermaga milik BPKS memiliki panjang lebih dari 400 meter, dan memiliki laut yang dalam. Namun yang terpenting, pelabuhan kita telah memiliki sertfikat ISPS-Code tentang keamanan pelabuhan,” ujarnya.

Razuardi menuturkan, sesuai konfirmasi kepala manajemen unit pelabuhan, akan ada kapal pesiar lain yang sudah mengonfirmasi bakal sandar di Sabang hingga akhir 2019 mendatang. Kapal pesiar itu, antara lain MS Azamara Quest, MS Seabourn Encore, MS Boudicca, Marella Discovery, dan MS Seabourn Ovation.

Tim VIVA: Jujuk Ernawati | Dani Randi (Banda Aceh)

Artikel/Berita ini telah tayang di: VIVA.co.id
Dengan judul: Sabang Jadi Incaran Kapal Pesiar Dunia

Satu pemikiran pada “Sabang Jadi Incaran Kapal Pesiar Dunia”

Tinggalkan komentar