Diplomat Asing dan Pebisnis Dunia Kagumi Keindahan Alam dan Wisata Bahari Sabang


Suasana forum pertemuan diplomat asing dan pebisnis dunia dengan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Minggu (28/4/2019)

SERAMBINEWS.COM, SABANG – Menakjubkan. Luar biasa indahnya. Sangat cantik. Tempat yang sangat indah untuk diving.

Itulah, antara lain, kesan sejumlah diplomat asing yang berkunjung ke Sabang atas undangan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Minggu (28/4/2019) siang.

Para diplomat asing itu bergabung dengan para pengusaha (pebisnis) dari Asia, Eropa, dan Amerika Serikat yang sejak Jumat (26/4/2019) berada di Banda Aceh menghadiri Aceh International Business Summit and Expo (AIBSE) 2019 di Banda Aceh Convention Hall, lalu Minggu pagi bertolak ke kota wisata Sabang.

Rombongan berangkat naik kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh pukul 08.15 WIB dan tiba di Sabang menjelang pukul 09.00 WIB.

Rombongan kemudian dijemput dan menjadi tamu istimewa Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

Baca: BPKS Tawarkan Peluang Investasi kepada Pebisnis dan Diplomat Asing

Baca: SAR Evakuasi Warga Asing dari Kapal Tanker Pengangkut Minyak Mentah dari Arab Saudi

Baca: Mahfud Sebut Prabowo Menang di Provinsi Garis Keras, Dahnil: Bukan Menjadi Suluh tapi Menyulut Keruh

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKS, Ir Razuardi MT menjamu para tamu AIBSE itu di Aula Balai Kota Sabang yang berada di lantai empat kantor tersebut.

Dalam acara itulah, setelah Razuardi menyampaikan sambutan singkat, tiga diplomat asing menyatakan kekagumannya pada keindahan Sabang.

Diplomat pertama yang berkomentar adalah Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska yang datang bersama suaminya.

“Saya sangat suka pada Sabang, saya berhenti di salah satu warung kopi dan melihat sendiri cara penyajiannya sangat menarik. Kopinya sangat enak dan pemandangan Sabang sangat cantik,” kata Stoczynska.

Ia meneruskan komentarnya,

“Saya kira Sabang punya potensi yang sangat bagus untuk pariwisata, jalan-jalannya sangat bagus. Infrastrukturnya juga lengkap. Tinggal dibangun hotel-hotel yang lebih representatif di sini, pasti mampu menarik minat wisatawan dan investor.”

Konsul Amerika Serikat untuk Sumatra yang berkedudukan di Medan, Juha Salin juga angkat bicara tentang Sabang.

Pengakuan warga Amerika berdarah Finlandia ini mengagetkan semua yang hadir.

“Saya sudah 50 kali ke Sabang. Saya sangat suka Sabang. Saya diving di sini berkali-kali. Tak pernah bosan.”

Selain mengagumi keindahan Sabang, ada juga diplomat yang menyarankan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan di pulau yang eksotik itu.

“Saya lihat ada energi geotermal di Sabang. Alamnya sangat naturally. Saya sarankan untuk tetap mempertahankan kelestarian lingkungan di sini agar lingkungannya terlindungi dan tetap lestari,” kata Andrew Shaw, Consuler for Economic Affairs dari Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta.

Deputi Komersial BPKS, Agus Salim menambahkan bahwa Sabang punya surplus energi.

Ada 80 MW yang bisa dipakai di Sabang. “Jadi, potensi ini sangat siap mendukung industri yang masuk ke Sabang,” kata Agus Salim.

Sedangkan Plt Kepala BPKS, Razuardi menutup pertemuan singkat itu dengan menegaskan, “Siapa pun yang ingin berinvestasi di Sabang, kami buka peluang sebesar-besarnya. Cukup kirimkan saja surat kepada Kepala BPKS.”

Setelah dijamu santap siang oleh BPKS, para peserta AIBSE itu keliling Kota Sabang yang eksotik. Mereka juga meninjau Dermaga CT 3 BPKS yang dipersiapkan untuk orientasi ekspor impor.

Kunjungan ke dermaga di Teluk Sabang yang dalam dan teduh ini didampingi oleh Plt Wakil Kepala BPKS Islamuddin ST.

Pukul 15.00 WIB rombongan yang hampir 100 orang kembali naik kapal cepat menuju Banda Aceh.

Dari Banda Aceh peserta luar akan berangkat sore ini atau besok pagi ke daerah atau negara tujuannya masing-masing.(*)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Diplomat Asing dan Pebisnis Dunia Kagumi Keindahan Alam dan Wisata Bahari Sabang,
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Ansari Hasyim

Tinggalkan komentar